Pages

Subscribe:

Followers

Jumat, 04 Februari 2011

JENIS-JENIS VIRUS KOMPUTER


 JENIS-JENIS VIRUS KOMPUTER

•  Virus Boot Sector
Virus  Boot Sector adalah virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpan sebagai tempat untuk menularkan virus. Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi
•  Virus File
Virus  file merupakan virus yang memafaatkan suatu  file yang dapat diproses langsung pada editor  DOS , seperti  file berekstensi    COM ,  EXE, beberapa  file overlay, dan  file  BATCH. Virus umumnya tidak memiliki kemampuan untuk menyerang di semua file tersebut. Virus file juga dikelompokkan berdasarkan dapat atau tidaknya tingga di memory.
•  Virus System
Virus sistem merupakan virus yang memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Contohnya adalah  file dengan berekstensi SYS,  file IBMBIO.COM, IBMDOS.COM, atau COMMAND.COM.
•  Virus Hybrid
Virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk  ke boot sector dan juga dapat masuk ke  file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.
•  Virus Registry Windows
Virus ini menginfeksi  operating system yang menggunakan Windows 95/98/NT biasanya akan mengadakan infeksi dan manipulasi pada bagian  registry Windows  sebab  registry  adalah tempat menampung seluruh informasi komputer baik hardware maupun software. Sehingga setiap kali kita menjalankan Windows  maka virus akan dijalankan oleh registry tersebut
•  Virus Program Aplikasi
Virus ini merupakan virus  Macro, menginfeksi pada data suatu program aplikasi tertentu. Virus ini baru akan beraksi apabila kita menjalankan program aplikasi tersebut dan membuka data yang mengandung virus.
ckup disini dulu untuk jenis2 virus komputer…

0 komentar:

Posting Komentar